Rabu, 04 September 2019

Sejarah dan Perkembangan Teknologi Transportasi Laut (Nasional & Internasional)


XII-IPS 1 | SMAN 1 CICALENGKA | August 26, 2019


SEJARAH REVOLUSI TRANSPORTASI LAUT



Alat Transportasi Laut Pertama

      Alat transportasi laut pertama yaitu digunakan sejak zaman purba (Neolitikum) 10.000 tahun yang lalu, ketika nenek moyang kita menjelajah menyusuri sungai menggunakan rakit.


Yaitu : Kano

      Inilah nenek moyangnya kapal laut. Kapal laut generasi pertama ini masih sangat sederhana. Manusia purba biasa menggunakan kano atau rakit untuk menyeberangi sungai atau danau. Kano biasanya terbuat dari batang pohon. Setelah adanya perahu/kapal rakit pada zaman purba, terjadi lah sebuah revolusi yang menemukan tenaga angin, sehingga tercipta lah sebuah kapal layar yang digunakan dan berlayar nya menggunakan tenaga angin




Kapal layar

      adalah alat transportasi laut jenis kapal yang mempunyai layar. Kapal ini digerakkan dengan memanfaatkan tenaga angin. Layar ini berfungsi untuk menangkap tiupan angin pada kapal. Pada kapal layar tradisional, agar dapat berlayar sangat mengandalkan dorongan angin yang ditangkap oleh layar berbentuk segitiga. Bentuk dari layar ini bisa segitiga atau segiempat, namun pada perahu tradisional umumnya berbentuk segitiga. Layar ini mampu membentuk sandeq sampai berkecepatan 60 knot. Layar ini biasanya di pasang di berbagai macam-macam perahu. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan kapal layar pada masa lampau umumnya adalah menggunakan kayu, bambu ataupun batang-batang papirus seperti yang digunakan bangsa mesir kuno, kemudian digunakan bahan bahan logam seperti besi/baja karena kebutuhan manusia akan kapal yang kuat.

       Kapal layar pada awalnya digerakkan oleh layar dan tenaga manusia sebagai pendayung sebelum menggunakan tenaga angin. Model kapal yang menggunakan pendayung sebagai tenaga geraknya dapat dilihat pada kapal Viking, kapal Mesir Kuno, kapal Romawi Kuno, kapal India Kuno sampai kapal Borobudur yang sudah menggunakan kapal layar. Namun seiring dengan waktu, maka digunakan kapal layar bercadik seperti yang dijumpai di Indonesia, kapal dengan menggunakan layar segitiga yang banyak digunakan oleh bangsa-bangsa di daerah Timur Tengah, kapal dengan menggunakan layar segiempat yang banyak digunakan oleh bangsa-bangsa Eropa menjelang masa abad penjelajahan dan kapal layar lipat yang banyak dijumpai di Jepang dan China.

      Sebelum ditemukannya mesin uap pada abad ke-19, kapal layar merupakan satu-satunya alat transportasi laut baik untuk kepentingan militer maupun untuk kepentingan sipil. Namun setelah saat itu, kapal layar mulai ditinggalkan seiring dengan adanya Revolusi Industri yang diprakarsai oleh negara Inggris melalui penemuan mesin uap oleh James Watt. Sejak Revolusi Industri, perkembangan mesin uap dan pengolahan besi/baja meningkat pesat. Hal ini menyebabkan meningkatnya jumlah kapal bermesin dan sedikit demi sedikit penggunaan kapal layar mulai berkurang


Revolusi Industri 1.0


      Revolusi Industri yang pertama terjadi pada abad ke-18 ditandai dengan penemuan mesin uap yang digunakan untuk proses produksi barang. Saat itu, di Inggris, mesin uap digunakan sebagai alat tenun mekanis pertama yang dapat meningkatkan produktivitas industri tekstil. Peralatan kerja yang awalnya bergantung pada tenaga manusia dan hewan akhirnya digantikan dengan mesin tersebut.

      Selain itu, mesin uap digunakan pada bidang transportasi. Transportasi internasional pada masa itu adalah transportasi laut yang masih menggunakan tenaga angin. Namun, angin tidak dapat sepenuhnya diandalkan karena bisa jadi angin bertiup dari arah yang berlawanan atau bahkan tidak ada angin sama sekali.

     Penggunaan tenaga angin pada alat transportasi pun mulai berkurang semenjak James Watt menemukan mesin uap yang jauh lebih efisien dan murah dibandingkan mesin uap sebelumnya pada 1776. Dengan mesin uap tersebut, kapal dapat berlayar selama 24 jam penuh jika mesin uap tetap didukung dengan kayu dan batu bara yang cukup.


Kapal Uap


      Kapal uap pertama dibangun bangsawan Prancis, Marquis de Jouffroy d'Abbans. Sebenarnya ada banyak perselisihan pendapat mengenai siapa sesungguhnya yang membuat kapal uap pertama karena Inggris, Prancis, dan Amerika sama-sama mengklaim mekanik dari negara merekalah yang pertama kali membuat kapal uap. Namun, sebagian besar dari mereka sepakat usaha serius pertama dalam pembuatan kapal uap dilakukan Marquis de Jouffroy. Awalnya De Jouffroy belajar di bidang filsafat dan sastra, tapi kemudian bergabung dalam militer Prancis dan di sanalah dia banyak mempelajari navigasi uap. Pada 1775 dia pergi ke Paris untuk mempelajari mesin uap yang diciptakan James Watt dan akhirnya membuat kapal eksperimen dengan menggunakan mesin uap yang berhasil berlayar di Sungai Doubs di Prancis pada 1776.


Kapal Komersial pertama


Kapal Komersial Pertama
      Robert Fulton yakni seorang insinyur Amerika dan penemu yang secara luas dipuji sebab menyebarkan kapal uap pertama yang sukses secara komersial. Fulton lahir 14 November 1765 dan meninggalal pada 24 Februari 1815).

       Kapal Clermont adalah sebuah kapal uap dengan bahan bakar batu bara yang pertama kali dipakai secara komersial di daerah Clermont, New York, Amerika Serikat mulai tahun 1807 sampai 1814. Pada tahun 1802, Kapal Charlotte Dundas menjadi kapal uap komersial pertama di dunia. Namun kapal tersebut hanya berlayar sebentar di Kanal Forth dan Clyde, Skotlandia, dan harus mengakhiri tugasnya karena dikhawatirkan dinding tepi kanal akan runtuh.

       Clermont, yang dirancang Robert Fulton (1765-1815)], menjadi kapal uap pertama yang sukses dan dapat melaksanakan tugasnya secara penuh. Setelah muncul revolusi Industri dan mesin diesel serta Nuklir. Beberapa penelitian memunculkan kapal bermesin yang berjalan mengambang di atas air seperti Hovercraft dan Ekranoplane. Serta kapal yang digunakan di dasar lautan yakni : kapal selam.


Kapal Selam

       Sejak abad pertengahan, para penemu atau ilmuwan di Eropa sudah mulai memikirkan bagaimana membuat kapal yang dapat menyelam dan timbul lagi dengan usahanya sendiri. Kapal tersebut nantinya akan digunakan untuk kepentingan peperangan maupun sekedar mengamati kehidupan di dalam laut.

         Pada tahun 1465 seorang penemu bernama Keyser dari Nuremberg, Jerman dilaporkan sudah mampu merancang sebuah perahu yang dapat menyelam dalam air. Lalu pada tahun 1578 seorang ahli matematika bernama William Bourne, merancang sebuah kapal yang dilapisi oleh kulit kedap air. Karena waktu itu belum dikenal adanya mesin, maka kapal ini bergerak menggunakan dayung serta dilengkapi dengan tangki-tangki yang dapat diisi air dan di kosongkan lagi agar kapal dapat mengapung. Namun sayangnya rancangan ini tidak diwujudkan secara nyata, melainkan hanya di tuangkan dalam buku Inventions of Devices.



        Pada tahun 1775, David Bushnell membuat sebuah kapal selam yang diberi nama Turtle (Penyu). Kapal selam ciptaannya berbentuk seperti telur, dan terbuat dari kayu. Kapal selam yang digerakkan menggunakan mesin uap mulai ditemukan oleh Robert Fulton pada tahun 1799. Kapal yang berukuran 7,4 m dan berbentuk seperti cerutu ini mampu menyelam selama 6 jam dan membawa empat orang awak di dalamnya.

            Pada tahun 1850, Wilhelm Bauer menghasilkan kapal selam bergelar Brandtaucher (Penyelam Api) dan tahun 1855 menghasilkan kapal selam Seateufel (Setan Laut) sepanjang 52 kaki untuk tentara laut imperial Rusia. Pada tahun 1886 diluncurkan sebuah kapal selam buatan Spanyol yang menggunakan dua motor elektrik 30 tenaga kuda. Selanjutnya, Perancis meluncurkan Gymnote (Belut) pada April 1887.

       Kapal Selam adalah kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Jerman memiliki kapal selam yang populer dengan sebutan U-Boat yang merupakan ringkasan bagi Unterseeboot, mulai ditugaskan dalam Perang Dunia I sebagai sistem senjata yang mematikan bagi Angkatan Laut lawan terlebih-lebih pada Perang Dunia II. Sehingga terkenal dengan sebutan U-Class. Selain Jerman, negara yang populer menggunakan kapal selam sebagai kekuatan utama Angkatan Laut adalah Uni Soviet/Rusia


Kapal-kapal Masa Depan

       Kapal-kapal di masa depan semakin modern. Kapal modern yang akan banyak digunakan di masa depan yaitu kapal induk, kapal selam bertenaga nuklir, hovercraft, hydrofoil, dan jetfoil


Mind Map :




Kelompok 2
Admin : Ruslan Abdulatip


KELOMPOK 2
- Adinda Salza Nabila
- Dindin Kodar
- Qory Qur’ani
- Sandi Gunawan
- Raka Syakhisk Kurniawan
- Ruslan Abdulatip
- Theresa Shinta Ajie

1 komentar:

  1. Distributor peralatan kapal dan aksesoris kapal based on jakarta.
    Kunjungi kami di
    www.velascoindonesia.com

    BalasHapus